Instrumen Kebijakan Moneter Konvensional dan Islam - Vorzil

Instrumen Kebijakan Moneter Konvensional dan Islam

Instrument Kebijakan Moneter - Setiap kebijakan pastinya memerlukan instrument dalam mencapai tujuan-tujuanya,adapuninstrument tersebut adalah :

Instrument Kebijakan Moneter Konvensional dan Islam

#1 Instrument Kebijakan Moneter Konvensional

Instrumen-instrumen pokok dari kebijakan moneter dalam teori konvensional antara lain adalah:

a. Kebijakan Pasar Terbuka. (Open MarketOperation). Kebijakan membeli atau menjual surat berharga atau obligasi di pasar terbuka. Jika bank sentral ingin menambah suplai uang maka bank sentral akan membeli obligasi, dan sebaliknya bila akan menurunkan jumlah uang beredar maka bank sentral akan menjual obligasi.

b. Penentuan Cadangan Wajib Minimum. (Reserve Requirement)
. Bank sentral umumnya menentukan angka rasio minimum antara uang tunai (reserve) dengan kewajiban giral bank (demanddeposits), yang biasa disebut minimum legal reserve ratio. Apabila bank sentral menurunkan angka tersebut maka dengan uang tunai yang sama, bank dapat menciptakan uang dengan jumlah yang lebih banyak daripada sebelumnya. 

c. Penentuan Discount Rate. Bank sentral merupakan sumber dana bagi bank-bank umum atau komersial dan sebagai sumber dana yang terakhir (thelastlenderresort). Bank komersial dapat meminjam dari bank sentral dengan tingkat suku bunga sedikit di bawah tingkat suku bunga kredit jangka pendek yang berlaku di pasar bebas. Discountrate yang bank sentral kenakan terhadap pinjaman ke bank komersial mempengaruhi tingkat keuntungan bank komersial tersebut dan keinginan meminjam dari bank sentral. Ketika discountrate relatif rendah terhadap tingkat bunga pinjaman, maka bank komersial akan mempunyai kecendrungan untuk meminjam dari bank sentral.

d. Moral Suasion Kebijakan Bank Sentral yang bersifat persuasif berupa himbauan/bujukan moral kepada bank.

Instrumen-instrumen konvensional yang mengandung unsur bunga (bank rates, discountrate, open marketoperation dengan sekuritas bunga yang ditetapkan didepan) tidak dapat digunakan pada pelaksanaan kebijakan moneter berbasis Islam.

#2 Instrument Kebijakan Moneter Islam

Instrument yang di perlukan dalam kebijakan moneter Islam diharapkan tidak hanya akan membantu mengatur penawaran uang seirama terhadap permintaan rill terhadap uang, tetapi juga memenuhi kebutuhan untuk membiyayaideficit pemerintah yang benar-benar rill dan mencapai sasaran sosioekonomi masyarakat Islam lainnya. Terdapat sejumlah elemen untuk mengatur hal ini. Diantaranya (chapra, 2000):
  • Target pertumbuhan dalam M dan MO
  • Saham public terhadap deposito unjuk (uang giral) 
  • Cadangan wajib resmi 
  • Pembatas kredit 
  • Alokasi kredit (pembiyayaan ) yang berorientasi kepada nilai 
  • Instrumen factory (anjak piutang) yang baru populer tahun 1980-an telah dikenal dengan nama al-hiwalah, hanya bedanya al-hiwalah tidak menggunakan instrumen bunga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel